Lokakarya Arah Kebijakan dan Pemanfaatan DAK Fisik 2021 Serta Evaluasi Pelaksanaan DAK Fisik 2020

Bappeda Aceh melalui Bidang Program dan Pendanaan Pembangunan Pada hari senin 30 November 2020 melaksanakan kegiatan Lokakarya Arah Kebijakan dan Pemanfaatan DAK Fisik Tahun 2021 serta Evaluasi Pelaksanaan DAK Fisik Tahun 2020 yang bertempat di Hermes Palace Hotel.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan online yang dihadiri oleh beberapa SKPA terpilih yang mengelola Anggaran DAK Fisik tahun 2020 dan 2021 serta juga melibatkan Bapppeda Kabupaten/Kota.

Kegiatan lokakkarya ini menghadirkan berbagai narasumber dari beberapa instansi yang berbeda sehingga diharapakan para peserta yang mengelola anggaran DAK Fisik dapat dibahani oleh berbagai materi dari sudut pandang dan perspektif yang berbeda sehingga diharapkan dapat memberikan penerangan yang sangat terukur sehingga dalam pengelolaan anggaran DAK Fisik baik dalam tahap pengusulan dan pelaksanaan dapat menjadi terukur dan sistematis.

Dalam kegiatan ini narasumber antara lain terdiri dari Kementerian PPN/Bappenas , Kemenkeu, Kemenkes, Bapppeda Aceh dan juga Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh

Dalam arahan pembukaan acara oleh Kepala Bappeda Aceh Ir. Helvizar Ibrahim, M.Si mengingatkan bahwa dalam membangun Aceh di masa depan kita tidak terpaku pada dana Otsus yang sangat dirasa besar dalam jumlah anggarannya sehingga kita lupa untuk “menggarap” resources-resources yang lain, sebagaaimana kita ketahui  2 tahun ke depan merupakan tahun terakhir kita menikmati jumlah anggaran dana otsus yang 2 % dan selanjutnya lima tahun ke depan hanya mendapat 1 % dari DAU, untuk menghadapi ini maka diperlukan usaha dan effort yang luar biasa bagi kami dan kita semua yang hadir di tempat ini uantuk terus berinovasi dan cekatan dalam mendapat resources pendanaan pembangunan yang lain. Hadirnya DAK Fisik ini haruslah dapat menjadi perhatian kita semua agar dapat terus berakselerasi dengan pendanaan lain dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan utama dari pembangunan yang kita laksanakan ini.