PENGESAHAN APBA 2019 TEPAT WAKTU

AZHARI, SE, M.SI
KEPALA BAPPEDA ACEH
 
Semua pihak berharap agar kegiatan pembangunan yang didanai oleh negara dapat dilaksanakan sejak awal tahun agar roda perekonomian rakyat tak terhenti dan rekanan memiliki waktu yang cukup dalam pengerjaan proyek. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memahami harapan rakyat ini. Oleh sebab itu, beliau pun menitip pesan agar pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun Anggaran 2019 tepat waktu.
Harapan itu disampaikan Plt. Gubernur Aceh usai menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) kepada Ketua DPRA tanggal 6 Agustus 2018. KUA-PPAS diserahkan ke pihak legislatif sebagai representasi rakyat guna dibahas bersama untuk selanjutnya mendapat persetujuan dan menjadi rancangan APBA untuk diteruskan ke Kemendagri di Jakarta sebelum diesksekusi.
Pembahasan KUA-PPAS bersama DPRA diharapkan berlangsung lancar dan dapat disepakati tepat waktu sesuai amanah UU Nomor 17 Tahun 2003 dan Permendagri Nomor 17 Tahun 2006. Semua proses dan tahapannya diharapkan terwujud dan tanpa kendala, sehingga paling lambat pada akhir Desember 2018 Provinsi Aceh sudah memiliki APBA yang disahkan melalui qanun. Qanun APBA ini kemudian diminta pengesahan dari Menteri Dalam Negeri agar dapat segera dieksekusi.
Kita masih memiliki waktu tiga bulan lagi (September – Desember) dalam melahirkan APBA 2019, dan tentu saja kita optimistis menatap tahun 2019 dengan memulai pelelangan proyek pembangunan Aceh pada awal tahun. Kita harus mengedepankan kepentingan rakyat banyak yang sudah memberikan amanah sesuai porsi masing-masing, baik kepada eksekutif selaku pengelola (agent) dana rakyat maupun legislatif selaku perwakilan rakyat (principal).
Dengan mengedepankan hati nurani, kepentingan publik, serta membebaskan diri dari kepentingan pribadi, kelompok, dan partai, Insya Allah jalan menuju APBA 2019 tepat waktu akan terealisir, tidak berlarut-larut sebagaimana yang pernah terjadi pada Tahun Anggaran sebelumnya. Pelaksanaan anggaran yang dimulai dari awal tahun akan berdampak pada perekonomian Aceh terus berdenyut, tidak mandeg. Apalagi dana yang bergulir di bumi Aceh sangat tergantung APBA, sementara dari sektor investasi pihak swasta sangat minim. Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita pasang tekad dan niat tulus untuk mewujudkan APBA 2019 tepat waktu. Semoga!