Bappeda Aceh Laksanakan Pelatihan Katalog Unsur Geografi Indonesia (KUGI) versi 5

Banda Aceh, Senin (24/9/18), Bappeda Aceh Unit Pelaksana Teknis Badan Pusat Data Geospasial Aceh (UPTB-PDGA) BAPPEDA Aceh melaksanakan Pelatihan Katalog Unsur Geografi Indonesia (KUGI) Versi 5 yang dimulai pada tanggal 24 hingga 26 September 2018 bertempat di Bappeda Aceh. pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan-pelatihan sebelumnya dalam rangka mendukung Kebijakan Satu Peta (KSP).  Pelatihan KUGI versi 5 diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang tergabung dalam Tim Simpul Jaringan Provinsi Aceh yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh, Dinas Perhubungan Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh, Dinas Pengairan Aceh, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh serta Bappeda Kota Banda Aceh, Bappeda Kabupaten Aceh Besar, Bappeda Kabupaten Aceh Tengah dan Bappeda Kabupaten Pidie Jaya dan unsur-unsur UPTB-PDGA Bappeda Aceh.

Pelatihan KUGI bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait standarisasi Data Geospasial (DG) dan Informasi Geospasial (IG), sehingga DG dan IG yang dihasilkan oleh walidata memenuhi standar SNI ISO 19110 sesuai dengan Peraturan Kepala BIG Nomor 12 Tahun 2013. Hal tersebut disampaikan oleh Kasie Infrastruktur Data Spasial dan Data Dasar (IDSDD) UPTB-PDGA BAPPEDA Aceh, Hidayati, M.Si dalam sambutannya pada acara tersebut.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan SDM di bidang spasial dalam mengelola, menyebarkan dan meng-upgrade DG dan IG yang dimiliki oleh masing-masing walidata”, lanjut Kasie IDSDD UPTB-PDGA BAPPEDA Aceh pada akhir sambutannya.