KUNJUNGAN KERJA BAPPEDA KABUPATEN KAPUAS HULU, KALIMANTAN BARAT KE BAPPEDA ACEH

Banda Aceh, Senin (23/7/18), Bappeda Aceh mendapat kunjungan dari Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 27 tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) dan Peraturan Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Indra Kumara menyampaikan maksud tujuannya adalah untuk bertukar ilmu pengetahuan, informasi dan pengalaman serta menambah wawasan terkait perkembangan Jaringan Informasi Geospasial Daerah khususnya di Provinsi Aceh. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menunjang sistem informasi penataan ruang terpadu Kabupaten Kapuas Hulu.

Mewakili Bappeda Aceh, Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Pusat Data Geospasial Aceh (UPTB-PDGA) BAPPEDA Aceh, Muhammad Fadhil, ST, MT dalam sambutannya mengatakan ‘Pemerintah Aceh telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Aceh nomor 63 tahun 2017  tentang Penyelenggaraan Simpul Jaringan Pemerintah Aceh. Pembangunan berbasis data spasial merupakan inti dari seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan informasi spasial untuk pembangunan daerah. Untuk memberikan kemudahan dalam keselarasan berbagi pakai informasi geospasial. Melalui Peraturan Gubernur Aceh nomor 63 tahun 2017  tentang penyelenggaraan simpul jaringan Pemerintah Aceh diharapkan dapat mengoptimalkan jaringan informasi geospasial dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bidang informasi geospasial’.
Pada akhir sambutannya Kepala UPTB-PDGA Bappeda Aceh menyampaikan, “Bappeda Aceh sebagai simpul jaringan provinsi telah melakukan pembangunan dan pengembangan simpul jaringan provinsi yang terintegrasi dengan ina-geoportal. Dalam proses pembangunan dan pengembangan simpul jaringan provinsi tersebut turut melibatkan Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) Universitas Syah Kuala  selaku perpanjangan tangan Badan Informasi Geospasial (BIG) sejak tiga tahun yang lalu. Pemerintah Aceh saat ini memiliki 3 alamat Web-GIS yaitu (www.gdc.acehprov.go.id, www.acehgis.acehprov.go.id dan www.gisportal.acehprov.go.id) yang terus dikembangkan dan disempurnakan”.