Perpisahan dengan Kontingen PENAS KTNA XV 2017 dari Provinsi Maluku

 

Pelaksanaan PENAS KTNA ke XV yang dilaksanakan di Provinsi Aceh merupakan even nasional yang sangat bermanfaat bagi Aceh selaku tuan rumah untuk dapat mempromosikan Aceh di kancah Nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d 11 Mei 2017 yang dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada tanggal 6 Mei 2017 bertempat di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya - Banda Aceh yang juga merupakan titik pusat kegiatan PENAS KTNA XV 2017. Penas KTNA kali ini dihadiri sekitar 35.000 peserta dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Winarno Tohir Selaku Ketua KTNA Pusat ke XV tahun 2017.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Aceh (Bappeda Aceh) yang ditunjuk sebagai Laison Officer (LO) untuk kontingen dari Provinsi Maluku, bertugas untuk memfasilitasi / melayani peserta dari Provinsi Maluku untuk kelancaran acara dimaksud telah melakukan tugasnya sejak tanggal 5 Mei 2017 s.d 12 Mei 2017. Pelayanan yang diberikan oleh LO tersebut diharapkan dapat memegang prinsip “Peumulia Jamee Adat Geutanyo Ureung Aceh” (Memuliakan Tamu Adat Kita Orang Aceh).

Kedatangan kontingen dari Provinsi Maluku ke Kantor Bappeda Aceh pada hari Rabu 10 Mei 2017 di sambut oleh Dr. Ir. Zulkifli, M.Si selaku Sekretaris Bappeda Aceh dan didampingi oleh Manfaluthi, ST, M.Si selaku Kasubbag Umum Bappeda Aceh. Dalam Sambutannya Sekretaris Bappeda Aceh menyampaikan bahwa Bappeda sudah berusaha melakukan yang terbaik, serta permohonan maaf sekiranya dalam menfasilitasi kontingen Maluku terdapat ketidaksempurnaan, hal ini menjadi catatan bagi Bappeda Aceh untuk lebih maksimal di masa yang akan datang. Selanjutnya Beliau berharap semoga kunjungan kontingen Maluku ke Aceh dapat mengubah Image Aceh di mata masyarakat luar yang selama ini dianggap kurang kondusif menjadi lebih baik setelah melihat dan merasakan langsung kondisi Aceh. Beliau juga berharap agar Kontingen Maluku yang datang ke Aceh juga menjadi duta Aceh di Maluku dan dapat menyampaikan informasi positif dan kesan yang baik tentang Aceh.

Pada kesempatan yang sama Ketua Rombongan Provinsi Maluku Muhammad Isnaini dan Ketua KTNA Provinsi Maluku Markus menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Aceh khususnya Bappeda Aceh, yang telah melayani dengan baik sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Ketua Kontingen Maluku juga menyampaikan bahwa kesan tentang Aceh yang terbangun selama ini tidak terbukti sama sekali, bahkan yang dirasakan selama berada di Aceh adalah sebaliknya yaitu Aceh begitu damai dengan Masyarakat yang sangat ramah dan bersahabat dengan tidak membeda-bedakan Suku, Agama dan RAS. Beliau juga mengundang Masyarakat Aceh untuk berkunjung ke Provinsi Maluku.

Dalam pertemuan itu juga dilakukan tukar-manukar cinderamata khas daerah masing-masing, dengan harapan semoga persaudaraan yang sudah terjalin, dapat berlanjut untuk masa yang akan datang.