ACEH MASA DEPAN

Renovasi Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh.


Pemerintah Aceh menggelontorkan anggaran senilai Rp 458 miliar untuk merenovasi Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Masjid kebanggaan rakyat Aceh yang menjadi salah satu masjid terindah dan bersejarah di dunia ini, landscape baru yang dibangun dan dibuat PT Waskita Karya, selaku kontraktor, PT Perent Jana Djaja, selaku konsultan perencana, dan PT Artifak Arkindo, selaku manajemen kontruksi, untuk Masjid Raya Baiturrahman, nantinya diharapkan akan memberikan kenyamanan dan ketenangan yang mendalam untuk beribadah. Pengalaman ini tidak akan bisa dilupakan kaum muslim di Aceh untuk selalu ingin datang dan beribadah di dalam masjid dan lingkungan Masjid Raya Baiturrahman yang semakin indah dengan halaman yang luas.

"Anggaran senilai Rp 458 miliar yang kita alokasikan untuk pembangunanan payung besar, pelebaran halaman, tempat wudhu dan lapangan parkir bawah tanah, tujuannya untuk memperindah, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi orang yang datang beribadah ke Masjid Raya.

Pembangunan tahap pertama ini, sasarannya adalah melebarkan halaman dan memasang 12 unit payung raksasa, di halaman depan dan samping kiri masjid, seperti yang terlihat di halaman Masjid Nabawi, di Madinah. Selain itu, proyek senilai Rp 458 miliar ini juga mencakup pembangunan basement (bawah tanah) untuk lapangan parkir mobil dan sepeda motor. Dalam perencanaannya, areal parkir bawah tanah ini bisa menampung 254 unit mobil dan 343 sepeda motor.

Di basement itu nantinya akan dilengkapi tempat wudhu, serta toilet pria dan wanita yang semua bahannya terbuat dari batu mar-mar dari Italia atau Spanyol, seperti yang dipasang di Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Mekkah.

Sementara untuk bagian atas, pada pinggiran halaman akan ditanami 33 pohon kurma. Sedangkan di tengah halaman, dibangun kawasan hijau dengan cara menanam rumput hijau dan berbagai jenis bunga warna warni, dengan maksud untuk memberikan keseju- kan dan keindahan.

Proyek pelebaran dan peningkatan sarana dana prasarana ibadah di Masjid Raya yang akan selesai pada Juni 2017 mendatang, juga akan menambah daya tampung masjid dari 7.000 orang jamaah menjadi 15.000 orang jamaah, dan mungkin lebih dari itu.